Anjing Bermain Poker – Kisah Asli Di Balik Lukisan Terkenal

anjing bermain lukisan poker

Bahkan jika Anda bukan penggemar berat judi, Anda mungkin pernah melihat lukisan menarik dari sekelompok anjing yang duduk mengelilingi meja, bermain poker.

Seri lukisan anjing terkenal yang dibuat oleh Cassius Marcellus Coolidge ini telah ada sejak abad ke-19. Itu telah meninggalkan jejak kakinya di seluruh dunia hiburan.

Meski begitu, nama Coolidge bukanlah nama yang dikenal banyak orang di dunia seni. Inilah sebabnya dia sering dijuluki “artis Amerika paling terkenal yang belum pernah Anda dengar.” Karyanya, meskipun berbeda dan sering bernuansa, tidak pernah dianggap sebagai seni.

Jadi, bagaimana ceritanya tentang Dogs Playing Poker? Kapan karya Coolidge menjadi begitu populer, dan mengapa dia tidak dihargai sebagai seniman? Mari selami kisah di balik Dogs Playing Poker dan cari tahu lebih banyak tentang Coolidge dan karya seninya.

Dogs Playing Poker – Seri Asli dan Selanjutnya

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Dogs Playing Poker bukan hanya satu lukisan. Ini adalah serangkaian lukisan yang termasuk dalam koleksi.

Lebih tepatnya, itu mencakup enam belas lukisan yang dilukis Cassius Marcellus Coolidge untuk sebuah perusahaan periklanan, ditambah dua lukisan terpisah, yang membuat total koleksi menjadi delapan belas karya.

Lukisan tahun 1894, yang disebut Poker Game, adalah lukisan pertama dan paling terkenal dalam seri ini. Lukisan ini sering dianggap identik dengan nama Dogs Playing Poker dan merupakan yang paling dikenal dari delapan belas lukisan.

Tidak jelas dari mana Coolidge mendapatkan ide untuk menggabungkan anjing sebagai subjek dan menampilkannya dengan sifat antropomorfis, memainkan hobi favorit banyak orang biasa.

Banyak seniman klasik dan modern menggambarkan skenario seperti itu, tetapi dengan manusia, bukan hewan.

Dan, sementara tema poker, persahabatan, dan kecurangan ditampilkan dalam lukisan berkali-kali sebelum karya Coolidge, pengenalan anjing sebagai pemain tidak seperti hal lain yang terlihat sampai saat itu.

Tapi, lukisan ini, dan semua lukisan berikutnya, menciptakan ceruk yang masih lazim hampir 130 tahun kemudian. Lukisan Poker Game membantu Coolidge mendapatkan pengakuan dan memberinya proyek dengan Brown & Bigelow, sebuah perusahaan periklanan yang menjual kalender.

Anjing Bermain Seri Poker

Dari tahun 1903 hingga pertengahan 1910-an, Coolidge membuat serangkaian enam belas lukisan kalender untuk tujuan periklanan.

Selain itu, lukisan ke-18 dalam seri ini dilukis pada tahun 1910. Judulnya Looks Like Four of a Kind. Itu dilakukan secara independen dari enam belas lukisan yang dipesan oleh Brown & Bigelow, tetapi masih menjadi bagian dari keseluruhan seri Dogs Playing Poker.

Sebaliknya, mereka menampilkan anjing dalam berbagai situasi lucu. Nah, untuk meliput sisa lukisan yang membentuk koleksi total secara lebih mendalam, berikut enam belas lukisan dalam seri Brown & Bigelow:

Seekor Anjing Sarjana Pelanggaran Janji yang Tegas Sesuai dengan Seorang Teman yang Membutuhkan Stasiunnya dan Empat Aces Malam Tahun Baru di Dogville Satu untuk Mengikat Dua untuk Menang Dijepit dengan Empat Aces Poker Simpati Post Mortem Reuni Mengendarai Kambing Duduk dengan Teman Sakit Orang Asing di Camp Ten Miles ke Garasi A Waterloo

Coolidge membuat sebagian besar lukisan kalender ini pada tahun 1903. Selain itu, sebagian besar dari mereka tetap bertema anjing bermain permainan kartu, sebuah motif yang menurut kritikus seni diciptakannya. Konon, tujuh lukisan tidak menampilkan tema poker apa pun.

anjing bermain poker asli

Gambar milik dogsplayingpoker.org

Misalnya, lukisan Riding the Goat menampilkan inisiasi masonik, sedangkan Gugatan Pelanggaran Janji berlatarkan ruang sidang di mana seekor anjing bersaksi di depan anjing lainnya.

Tidak ada alasan periklanan yang jelas mengapa tema khusus ini disertakan dalam koleksi, karena Coolidge memiliki kebebasan besar saat mendesain untuk Brown & Bigelow.

Seorang Teman Yang Membutuhkan – Sebuah Contoh Prime Coolidge

Jika kami memilih salah satu dari enam belas lukisan Coolidge untuk Brown & Bigelow, itu pasti Seorang Teman yang Membutuhkan. Dilukis pada tahun 1903, ini adalah lukisan Coolidge yang paling terkenal dan paling banyak direproduksi setelah lukisan Permainan Poker tahun 1894.

Lantas, apa yang membuat A Friend in Need lukisan yang begitu istimewa? Komposisi gambar mengikuti gaya yang mirip dengan yang akan Anda temukan di lukisan Coolidge lainnya. Ini termasuk tujuh anjing yang duduk mengelilingi meja poker.

anjing bermain poker

Gambar milik dogsplayingpoker.org

Lukisan itu mengabadikan momen tertentu dalam permainan di mana satu Bulldog menyerahkan kartu as ke Bulldog lain di bawah meja. Anjing lain agak curiga, dan anjing penerima masih belum menerima kartunya. Ini membuatnya terbuka untuk interpretasi tentang apa yang akan terjadi.

Salah satu alasan utama mengapa A Friend in Need menjadi yang paling terkenal dari enam belas seri ini adalah karena ini bisa dibilang seri yang paling bisa diterima dalam koleksi.

Ini menunjukkan permainan poker santai di antara teman-teman. Ini sekaligus merupakan bagian yang serius dan lucu yang dapat ditampilkan di berbagai tingkatan.

Anjing Bermain Biliar – Upaya Serupa Tapi Kurang Berhasil

Selain seri Dogs Playing Poker yang terkenal, Coolidge juga mencoba keahliannya melukis anjing antropomorfik yang sedang bermain biliar.

Meskipun tidak sepopuler seri lukisan pokernya, itu dianggap sebagai pendahulu dari semua lukisan budaya pop tentang anjing yang bermain poker.

anjing bermain biliar

Lukisan ini dibuat pada tahun 1909. Coolidge menamainya Kelly Pool, sesuai dengan variasi Kelly pool, yang merupakan permainan yang tersebar luas pada saat itu.

Itu menggambarkan enam anjing bermain biliar, satu bersiap untuk memukul bola dan lima lainnya mengamati dan menyemangati dia dengan cermat.

Cassius Marcellus Coolidge – Lebih Banyak Tentang Pelukis

Cassius Marcellus Coolidge lahir pada tahun 1844 di Antwerp, New York. Dia menghabiskan sebagian besar tahun-tahun awalnya di Philadelphia, New York.

Tumbuh dalam keluarga petani, Coolidge tidak memiliki akses ke banyak pelatihan formal sebagai seniman. Dia mengambil sebagian besar keterampilannya saat dia berkembang melalui karirnya.

Coolidge meninggalkan pertanian keluarga saat masih remaja dan menjelajahi banyak profesi yang sangat berbeda sebelum menjadi seorang pelukis. Dia pertama kali bekerja sebagai pelukis tanda dan apoteker.

Pada tahun 1870-an, ia mendirikan bank dan surat kabar. Dia juga bekerja sebagai karikatur untuk koran lokal.

Coolidge mulai melukis anjing dalam situasi manusia yang lucu sejak awal karirnya sebagai pelukis. Namun, dia tidak mencapai popularitas sampai dia berusia 50-an.

Meski begitu, Coolidge tidak dikenal dengan nama aslinya. Ini karena dia sering mengeja namanya sebagai Kash Coolidge, berdasarkan nama panggilan lucu yang didapatnya dari anggota keluarganya.

Selain meraih popularitas dengan foto-foto anjing antropomorfiknya, Coolidge juga menciptakan konsep latar depan komik yang populer. Ini adalah karikatur seukuran manusia di mana orang akan meletakkan kepala mereka dan mengambil foto baru.

Popularitas Anjing Bermain Poker dalam Budaya Pop

Seperti kebanyakan lukisan yang mendapat pengakuan global, lukisan Dogs Playing Poker juga telah ditampilkan di sejumlah pertunjukan, film perjudian, dan bahkan video musik.

Itu telah dimasukkan dalam lusinan komedi situasi selama bertahun-tahun, terutama Cheers, The Simpsons, Family Guy, dan banyak lainnya.

anjing asli bermain poker

Gambar milik dogsplayingpoker.org

Seringkali, itu digambarkan sebagai lukisan yang sebagian besar diapresiasi oleh pekerja kerah biru dan dicerca oleh penikmat seni yang lebih canggih.

Representasi dalam budaya pop ini telah menimbulkan opini luas bahwa gambar Dogs Playing Poker tidak dianggap seni tetapi karya seni baru.

Jadi, sementara lukisan-lukisan ini sangat populer di dunia perjudian, seni, dan hiburan, umumnya digambarkan sebagai kitsch.

Lukisan Perjudian Ikonik Lainnya

Dogs Playing Poker mungkin merupakan rangkaian lukisan paling terkenal di dunia perjudian. Konon, ada banyak bagian penting lainnya yang harus diketahui oleh para penggemar judi.

Beberapa di antaranya bahkan dilakukan oleh beberapa pelukis terhebat sepanjang masa. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat beberapa lukisan perjudian terkenal lainnya:

The Cardsharps – Caravaggio

Dimulai dengan lukisan tertua yang akan kita bicarakan, The Cardsharps, dilukis oleh seniman Barok Caravaggio.

Diperkirakan lukisan ini dibuat pada tahun 1594 dan merupakan salah satu karya terpenting Caravaggio.

lukisan yang mirip dengan anjing bermain poker

Gambar milik wikipedia.com

Lukisan itu menunjukkan pemandangan seorang bangsawan muda yang tidak menaruh curiga dan dua kartu kecapi. Cardharp yang lebih tua melihat kartu bangsawan, sedangkan cardharp yang lebih muda memiliki kartu tambahan yang tersembunyi di belakang punggungnya.

Anak laki-laki yang lebih muda juga memiliki belati di sisinya, siap bertindak jika keadaan menjadi tidak terkendali. Lukisan realistis ini menunjukkan sifat brutal kehidupan jalanan, namun dengan detail yang indah dan komposisi yang sangat teatrikal.

Kartu Tajam dengan Ace of Diamonds – Georges de La Tour

Dilukis kira-kira antara tahun 1636 dan 1638, lukisan Georges de La Tour ini memiliki premis yang mirip dengan The Cardsharps karya Caravaggio.

Ini menampilkan permainan kartu di mana pemain muda dan tidak curiga diburu oleh pemain lain di meja.

Lukisan ini diyakini sangat dipengaruhi oleh karya Caravaggio. Namun, ini lebih kompleks dalam hal detail kecil. Selain lukisan asli ini, ada juga versi kedua yang disebut The Cheat with the Ace of Clubs.

Di Meja Roulette di Monte Carlo – Edvard Munch

Edvard Munch tidak diragukan lagi adalah pelukis Norwegia terbesar sepanjang masa. Beberapa karyanya yang paling terkenal termasuk Madonna, The Sick Child, dan The Scream. Yang terakhir ini sangat dihormati dalam masyarakat seni.

Namun, dalam konteks halaman ini, lukisannya Di Meja Roulette di Monte Carlo tetap menjadi salah satu lukisan perjudian paling terkenal. Lukisan ini terinspirasi dari kunjungannya yang sering ke kasino.

banyak di meja roulette

Gambar milik Google Seni & Budaya

Tekniknya yang sederhana dalam menampilkan sosok, banyak di antaranya dalam keputusasaan dan kesusahan, menunjukkan kenyataan yang tidak menguntungkan dari apa yang dapat dihasilkan oleh obsesi roulette dan judi.

Berapa Harga Anjing Asli Main Lukisan Poker?

Coolidge’s Dogs Playing Poker adalah karya yang bisa dikenali. Banyak orang, terutama di AS, menyimpan salinan lukisan ini di rumah dan ruang judi mereka.

Konon, karena karya Coolidge tidak dianggap seni dalam arti kata yang biasa, berapa harga lukisannya?

Lebih khusus lagi, jika Anda ingin mendapatkan versi asli Dogs Playing Poker paling populer, lukisan Game Poker 1894, berapa harganya?

Pertama-tama, meskipun karya Coolidge tidak dihargai seperti karya Caravaggio atau Munch, lukisannya masih berharga sangat mahal.

Lukisan tahun 1894 itu dijual pada tahun 2015 seharga $658.000. Ini masih merupakan harga tertinggi yang dibayarkan untuk setiap lukisan Coolidge. Satu dekade sebelumnya, lukisan A Bold Bluff dan Waterloo dijual berpasangan di pelelangan, dengan harga $590.400.

Secara total, ketiga lukisan ini adalah yang termahal, karena harga tertinggi sebelumnya untuk salah satu lukisan Coolidge adalah $74.000.

anjing bermain poker lukisan asli

Jadi, dengan mengingat semua itu, jika Anda menginginkan lukisan anjing bermain poker yang dilukis oleh Cassius Marcellus Coolidge di sarang perjudian Anda, Anda dapat mengharapkan untuk membayar cukup banyak uang untuk mendapatkan salah satu dari enam belas aslinya.

Yang mengatakan, membayar mendekati bahkan jumlah terendah yang terdaftar terlalu banyak untuk sebagian besar penggemar judi yang ingin mendekorasi ruang poker mereka. Jadi, jika Anda masih menginginkan gambar anjing judi yang dicat bagus tetapi membeli dengan anggaran terbatas, pilihan yang baik adalah pergi ke galeri atau galeri online dan mendapatkan replikanya.

Anda dapat menemukan banyak replika bagus dari karya Coolidge yang harganya sekitar beberapa ratus dolar atau lebih. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lukisan cat minyak asli yang hampir mirip dengan aslinya. Perbedaan terbesarnya adalah Anda tidak perlu membayar banyak uang.

Hal yang sama berlaku jika Anda tertarik untuk mendapatkan lukisan lain yang telah kami sebutkan di atas. Selain itu, lukisan asli dari seniman terkenal seperti Munch dan Caravaggio seringkali berharga jutaan dolar.

Warisan yang Patut Diingat

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak kritikus seni menganggap karya Coolidge rendah, kenyataannya adalah bahwa karyanya menyentuh hati orang-orang biasa. Lukisan Dogs Playing Poker-nya menyenangkan, lucu, dan enak dilihat.

Mereka sepatutnya menghadirkan bagian tak terpisahkan dari budaya pop. Bagaimanapun, tujuan seni adalah untuk menghibur sambil menyerahkan banyak interpretasi. Potongan Coolidge mencapai ini tanpa cacat!

Author: Sean Miller